Pengertian dan Sejarahnya Puppy Linux

Pengertian Puppy Linux

Image result for Puppy Linuxadalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumericspreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.

Sejarah Puppy Linux
Versi Tanggal Rilis:
  • Puppy 1 29 Maret 2005
  • Puppy 2 1 Juni 2006
  • Puppy 3 2 Oktober 2007
  • Puppy 4 5 Mei 2008
  • Puppy 5 15 Mei 2010

Ada beberapa Versi Puppy Linux:

  • Puppy Linux 1 tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda.
  • Edisi standard menggunakan AbiWord sebagai word processor berukuran 68 MB; live-CD ISO file dengan Mozilla Firefox berukuran 52.4 MB; dengan Mozilla suite lengkap berukuran 55.3 MB; dengan Opera berukuran 49.6 MB.
  • Edisi "Chubby Puppy" berukuran 96.1 MB menyertakan OpenOffice.org.
  • Edisi "BareBones Puppy" berukuran 39.9 MB tanpa GUI,
  • Edisi "zdrv" standard berukuran 83 MB, dengan kernel drivers dan firmware tambahan.
  • Puppy-multisession berukuran 55.7 MB, dapat menyimpan file ke dalam Live CD (multisession), sehingga pemakai dapat membawa data, dan yang terpenting, menambah program dan menyimpan pengaturan khusus, dalam CD yang sama.

  1. Puppy Linux 1 series dapat berjalan lancar pada komputer lama, seperti komputer Pentium dengan RAM minimal 32 MB. Untuk komputer lebih baru, lebih baik menggunakan versi USB keydrive. Jika BIOS komputer tersebut tidak mengenali booting lewat USB, Puppy floppy boot disk dapat digunakan sebagai langkah awal. Cara lain, jika BIOS tidak mengenali booting lewat USB, boot dapat dilakukan lewat CD, lalu data pemakai disimpan dalam USB keydrive saat sistem dimatikan (shutdown) dan dibaca kembali dari USB device saat bootup. Puppy Linux dapat juga berjalan dalam komputer yang menggunakan Windows 9x/Windows Me. 
  2. Puppy Linux 2 merupakan perbaikan dari versi 1 dalam hal struktur penyimpanan file. Dalam versi 1 (Puppy 1 Series) semua file sistem operasi, driver, maupun pengaturan pemakaian dijadikan satu file, sedangkan dalam Puppy versi 2 dipisah-pisah. Puppy versi 2, contohnya Puppy 2.14 (86.5 MB), menggunakan Mozilla SeaMonkey sebagai Internet suite (gabungan web browser dan e-mail client), JWM Window Manager, Abiword, Gnumerics, dll. 
  3. Puppy Linux 3 dibuat kompatibel dengan Slackware 12. Artinya instalasi paket-paket Slackware dapat dengan mudah dilakukan sebab hampir semua program-program dasarnya sudah ter-instal. Namun, ini bukan berarti Puppy Linux sekarang adalah distribusi berbasis Slackware. 
  4. Puppy Linux 4 di-compile langsung dari source dengan T2 (Open System Development Environment project) untuk memperkecil ukuran dan menambah fungsionalitas dibanding versi 3. Aplikasi berbasis GTK+ 1.x dan Tcl/Tk juga diganti dengan yang berbasis GTK+ 2 sehingga tampilan GUInya lebih indah dan konsisten dengan GUI sistem operasinya. Puppy 4.1 semula direncanakan sebagi karya terakhir Barry Kauler dan selanjutnya pengembangan Puppy akan diserahkan pada beberapa developer terpercaya, namun ternyata Barry kembali di 4.3. 
  5. Puppy Linux 5 dibuat dengan Woof suatu perangkat lunak untuk merakit Puppy Linux dari paket-paket distribusi GNU/Linux lain, misalnya: paket-paket Ubuntu, Debian, Slackware, Arch, dll. 
Puppy Linux 5.0 yang diberi nama Lucid Puppy atau disebut juga Lupu. Namanya sendiri mirip dengan Versi Ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Pengembangan edisi ini dikoordinasi oleh Larry Short, dan Mick Amadio yang menjabat sebagai pengembang utama. Hasilnya adalah sebuah OS yang ringan dan cepat, serta dapat memanfaatkan kemudahan aplikasi yang dimiliki Ubuntu Lucid. Salah satu fitur terbaru dari Puppy 5.0 adalah teknologi Quickpet yang memudahkan untuk mengakses berbagai macam aplikasi yang siap digunakan dengan sekali klik saja, dan simple Network Setup membantu pengguna dalam mengatur jaringan dan perangkatnya.

Lupu memasang kernel Linux 2.6.32-21, dan sebagai pengelola window (Window manager) digunakan JWM yang sangat ringan. Sudah menjadi sebuah tradisi, bahwa Puppy Linux dengan CD mini dalam ukuran saku (PocketCD) ini mengemas banyak aplikasi untuk segala urusan. Agar tidak memakan terlalu banyak sumberdaya, secara default Puppy Linux memilih dan menyertakan aplikasi Abiword sebagai pengolah kata dan Gnumeric sebagai spreadsheet, disamping Homebank sebagai pengelola keuangan dan Osmo untuk mengelola jadwal sebagai organizer. Selain itu Puppy juga tersedia dalam berbagai pilihan browser populer seperti Firefox, Opera, Chrome, Seamonkey dan lainnya yang bisa dipilih sebagai default browser. 

Untuk mendukung kegiatan surat menyurat via Email, Puppy menyertakan paket aplikasi Sylpheed, sementara untuk chatting didukung oleh multimessanger Ayttm yang siap melayani aneka protokol yang umum digunakan. Puppy juga piawai sebagai teman penghibur multimedia yang telah dipersenjatai dengan aplikasi gxine, selain ia juga mengantongi sejumlah player lainnya untuk memutar konten multimedia langsung bunyi, baik dari berkas multimedia maupun CD atau DVD. Mendukung kegiatan kreatif, Puppy dikemas dengan aplikasi grafis Inklite untuk grafik berbasis vektor dan Mtpaint untuk yang berbasis bitmap. 
 
Puppy menyediakan 2 pilihan Graphic Server yaitu X.org (lengkap) dan Xvesa (ringan). Sebuah alat bantu, pada saat proses awal (start-up), akan membimbing pemakai melakukan pengaturan server grafik agar sesuai dengan kartu video dan monitor yang dipakai. Setelah selesai, monitor akan menampilkan desktop dengan window manager (WM). Selain itu Windows manager yang digunakan Puppy Linux Umumnya bernama JWM (Joes Windows Manager) dan iceWM. Tapi, selain JWM anda dapat mengubah atau mengatur sendiri dengan Windows Manager kesukaan anda seperti, KDE, Gnome, Xfce, FLuxBox, dsb. 


Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Puppy_Linux

Komentar