Pengertian Monitor

MONITOR

Image result for predator monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
FUNGSI
Monitor Memiliki fungsi sebagai alat output data yang telah diproses oleh CPU (Central Processing Unit)yang hanya mengenal bahasa mesin atau bilangan biner. oleh karena itu diperlukan sebuah monitor yang digunakan untuk menampilkan data yang dapat dimengerti oleh penggunanya atau manusia. monitormemiliki ukuran dengan satun inc, dan memiliki resolusi di semua monitor.
inc adalah ukuran layar dari sebuat minitor yang dilihat secara diagonal, sedangkan resolusi yaitu dilihat dari lebar pixel dan dilihat tinggi pixelnya. jadi semua monitor memiliki ukuran dan resolusi yang berbeda beda, semakin baik jenis monitor akan semakin bagus juga resolusi yang dimiliki oleh monitor
JENIS-JENIS MONITOR:
1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)
Image result for monitor crt
Monitor CRT merupakan jenis monitor yang menggunakan media tabung sinar katoda, dan nama lain dari monitor CRT yaitu monitor tabung karena memiliki tabung hampa pada layarnya. Monitor CRT sangat mirip dengan dengan televisi tabung karena sama sam menggunakan tabung untuk layarnya. Cara Kerja pada Monitor CRT yaitu dengan cara sinar elektron dipancarkan ke sebuah titik titik kecil di layar monitor. dan kemudian sinar tersebut akan menampilkan sisi terangnya apabila di perkuat dan akan meredup atau gelap apabila di perlemah.
kelebihan dari monitor CRT yaitu memiliki harga yang lebih murah dari pada monitor jenis lainnya. sedangkan kekurangan dari monitor CRT yaitu memiliki ukuran yang besar sehingga memerlukan tempat yang luas untuk meletakan monitor jenis ini.
2. Monitor LCD (Liquis Cristal Display)
Image result for monitor lcd
monitor LCD merupakan jenis monitor yang menggunakan media cairan kristal, berbeda dengan monitor CRT yang menggunakan tabung hampa. cara kerja dari monitor LCD yaitu sinar dipancarkan ke kristal cair, setelah itu sinar dipancarkan secara elektrik dan membentuk sebuah panel panel kecil yang mendatar. monitor LCD memiliki bentuk berlayar datar karena menggunakan teknologi flat pane display.
kelebihan dari monitor LCD yaitu memiliki bentuk yang yang lebih ramping dan memiliki gambar yang lebih berkualitas dibandingkan dengan monitor CRT. kekurangan dari monitor ini yaitu memiliki harga yang lebih mahal dari pada monitor CRT.
3. Monitor LED (Light Emitting Diode)
Image result for monitor led acer

Monitor LED memiliki bentuk yang menyerupai monitor LCD akan tetapi monitor LED lebih ramping. Cara kerja monitor LED yaitu dengan cara memunculkan sebuah tampilan pada layar dengan bantuan Emisi cahaya. monitor LED lebih efisien dalam memancarkan cahaya karena jenis ini menggunakan teknologi LED backlight.
kelebihan dari monitor LED yaitu pemakaian listrik lebih hemat dibandingkan dengan monitor LCD, akan tetapi kekurangan dari monitor LED yaitu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan monitor LCD.
4. Monitor Plasma
Image result for monitor plasma

Monitor Plasma menggnakan gas neo atau xenon dalam tampilan di monitornya, gas neon tersebut diletakan diantara dua lapisan plat kaca monitor. cara kerja monitor plasma yaitu lapiran gas dialiri listrik dan kemudian memberikan reaksi berupa penciptaan pixel. kelebihan dari monitor plasma yaitu memiliki kualitas gambar lebih baik karena pembuatan gambar tidak diuraikan terlebih dahulu melaikan secara langsung dalam pembuatan gambarnya.
monitor jenis ini menggabungkan teknologi antara monitor CRT dan monitor LCD sehingga memiliki bentuk yang tipis seperti monitor LCD serta sudut pandang seperti monitor CRT. kekurangan dari monitor jenis ini yaitu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan monitor jenis lainnya.
sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Komentar