Pengertian Hard Disk

Hard Disk

Image result for intel hard disk
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.
FUNGSI HARD DISK
Peran dari sebuah hard disk yaitu melakukan penyimpanan. Semua data-data yang anda simpan di komputer semua akan tersimpan di dalam sebuah hard disk. dari mulai data dokumen, musik, film/video, program software dll. semua aman tersimpan didalam Hardisk anda.
Namun jangan lupa untuk mencadangkan file anda di flashdisk atau harddisk lain, untuk mencegah jika hardisk anda rusak mungkin saja data-data di dalam hardisk tidak bisa terselamatkan atau hilang bersama hardisk tersebut.

BESAR HARD DISK

Satuan kapasitas harddisk di hitung menggunakan byte dari mulai yang kecil MB (megabbyte) 1MB = 1juta byte , GB(gigabyte) 1GB = 1milyar byte , dan TB (terabyte) 1TB = 1trilyun byte.

JENIS-JENIS SAMBUNGAN HARD DISK:

1. Sambungan USB
Sambungan USB ini adalah sambungan umum yang biasanya digunakan secara eksternal. untuk sambungan USB kita tidak perlu repot-repot mempersiapkan apapun. dengan menyambungkan antara hardisk dan komputer otomatis Hardisk siap untuk digunakan.

2. Sambungan FireWire
Sambungan ini Hampir sama dengan sambungan USB, namun urnuk FireWire memliki kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan dengan USB, Sehingga proses tranfer/pemindahan data pun tidak akan berlangsung terlalu lama. 

3. Sambungan SATA
Sambungan SATA adalah sambungan internal standar yang biasa digunakan untuk hard disk internal. kecepatan sambungan SATA ini bisa dibilang memiliki kecepatan transfer paling tinggi di antara 2 sambungan di atas.

4. Sambungan eSATA
Sambungan eSATA ini kurang umum digunakan namun sambungan eSATA ini memiliki  kinerja yang cukup tinggi dan biasanya umum ditemukan di PC. Sambungan eSATA mempunyai kecepatan kinerja yang hampir sama dengan Hard Drive internal.

Komentar